Contoh Surat Penawaran Barang dan Jasa yang Baik dan Benar

Contoh Surat Penawaran Barang dan Jasa yang Baik dan Benar - Apakah anda pernah menawarkan barang kepada orang lain? Perihal tawar menawar dalam pembelian barang memang sebuah hal yang wajar. Akan tetapi bagi anda yang hendak menawarkan barang atau jasa kepada perusahaan haruslah menggunakan surat penawaran yang resmi. Bagaimanakah cara membuat contoh surat penawaran barang atau jasa yang baik dan benar? Berikit ini kita simak beberapa ulasannya.

Contoh Surat Penawaran Barang dan Jasa yang Baik dan Benar
Contoh Surat Penawaran Barang dan Jasa yang Baik dan Benar

Arti Penting Membuat Surat Penawaran Barang
Salah satu hal yang menjadi tujuan dari penawaran yaitu adanya kesepakatan pembelian antara pihak pertama dengan pihak kedua. Di dalam upaya menawakan barang, ada etika dan aturan yang harus dipenuhi. Salah satunya yaitu dengan membuat contoh surat penawaran barang yang baik dan benar.

Surat penawaran barang sangat penting untuk menjaga agar bisnis tetap berjalan dengan lancar dan semakin berkembang. Membuat contoh surat penawaran barang yang baik dan benar hendaknya menggunakan bahasa yang resmi dan sesuai kaidan penulisannya.

Arti penting surat penawaran lainnya yaitu sebagai dokumen pelengkap dalam menawakan dagangan kepada mitra bisnis. Tujuannya agar mitra bisnis semakin percaya dengan kualitas dari barang yang anda tawarkan.

Mungkin bagi orang yang masih awam dalam dunia bisnis, membuat surat penawaran barang memang cukup menyulitkan. Akan tetapi hal jika anda sudah mengetahui format penulisannya, sebenarnya membuat surat penawaran merupakan hal yang mudah.
Hal – Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Surat Penawaran

Bagaimanakah membuat contoh surat penawaran barang yang baik dan benar? Berikut ini ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum membuat surat penawaran yang baik dan benar.

1. Surat penawaran dibuat oleh pihak penjual barang.
2. Mencantumkan informasi yang detail dan jelas kaitannya dengan barang yang ditawarkan.
3. Mencantumkan nama dan bidang perusahaan di dalam surat penawaran yang diberikan
4. Menggambarkan secara detail kemampuan perusaahaan serta beberapa kelebihan perusahaan
5. Mencantumkan proyek – proyek yang pernah ditangani sebelumnya
6. Bertujuan untuk meyakinkan pihak pembeli akan barang atau produk yang anda tawarkan
7. Memiliki susunan dan format yang jelas dan memakai bahasa yang resmi.

Selain beberapa hal tersebut, ada juga hal – hal penting lainnya yang tak kalan penting diperhatikan kaitannya dengan pembuatan surat penawaran barang. Beberapa hal tersebut, seperti kejelasan produk yang ditawarkan, harga produk, serta beberapa hal lainnya.
Cara Membuat Surat Penawaran Yang Baik Dan Benar

Di dalam membuat contoh surat penawaran barang yang benar perlu memeprhatikan beberapa kaidah penulisan. Berikut ini ada beberapa cara penulisan surat penawaran barang atau jasa yang baik dan benar.

1. Menjelaskan mengenai maksud dan tujuan surat penawaran yang dibuat.
2. Mencantumkan detail barang yang ditawarkan pada paragraf selanjutnya.
3. Detail barang yang dimaksud adalah berupa harga pasaran serta kualitas produk yang ditawarkan.
4. Menggunakan kalimat – kalimat dan bahasa yang meyakinkan para calon mitra bisnis.
5. Menjelaskan keuntungan yang akan didapatkan oleh pihak yang ditawarkan.
6. Surat penawaran yang bagus sebaiknya ditutup dengan kalimat himbauan dan ajakan untuk bekerja sama.

Contoh Surat Penawaran Barang Yang Baik


Berikut ini ada sebuah contoh surat penawaran barang yang baik dan benar sesuai ejaan yang disempurnakan.

Bandung, 19 November 2017

Kepada
Direktur Pemasaran PT. Sejahtera
Jl. Elang No 14C
Bandung

No. : 019/PNWRN/03//2017
Hal : Penawaran Barang
Lamp. : Detail Harga Dan Produk

Dengan hormat,

Bersama dengan datangnya surat ini, kami bermaksud mengenalkan bahan dasar pembuatan produk – produk kosmetik yang kami produksi . Perusahaan kami bernama PT. Beauty Slavino yang beralamat di Jalan Cinta No 23C Bandung dengan pengalaman selama puluhan tahun.

Berdasarkan informasi yang telah kami peroleh dari berbagai sumber, PT Sejahtera merupakan perusahaan penjualan kosmetik yang sedang berkembang dan membutuhkan pasokan bahan – bahan dasar dengan harga yang sangat bersaing.

Kaitannya dengan hal tersebut, maka kami bermaksud untuk mengajukan diri sebagai pemasok bahan – bahan dasar pembuat kosmetik di perusahaan yang Bapak/ Ibu pimpin. Kami sangat berharap agar penawaran ini mampu menciptakan kerjasama yang saling menguntungkan diantara kedua perusahaan.

Berikut ini kami lampirkan detail produk, beserta harga dan contoh bahan – bahan yang kami sediakan. Jika PT. Sejahtera berminat dan setuju dengan penawaran ini, kami siap melakukan presentasi selanjutnya secara lebih detail.

Demikian surat penawaran ini kami buat. Atas perhatian Bapak/ Ibu kami menyampaikan terima kasih.

Hormat kami,
Kepala Bagian Pemasaran PT. Beauty Slavino
Tanda Tangan

Drs. Muhaimin, S.Kom

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel