Contoh Surat Pribadi Untuk Keluarga, Sahabat, Teman dan Guru

Contoh Surat Pribadi - Pada kesempatan yang lalu saya telah menulis tentang Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank. Surat ini juga salah satu jenis surat pribadi yang juga tergolong kedalam surat setengah resmi. Namun pada kesempatan ini saya akan berbagi Contoh Surat Pribadi lainnya yang lebih bersifat pridadi dibanding dengan Surat Lamaran Kerja. Untuk itu silahkan simak tulisan ini sampai selesai.

Gambar Contoh Surat Pribadi

Berdasarkan pembuatannya, surat terbagi kedalam dua macam, yang pertama ialah surat resmi dan kedua surat pribadi. Surat resmi ialah surat yang dibuat oleh suatu instansi, organisasi maupun lembaga perusahaan tertentu yang ditujukan untuk sesorang maupun lembaga tertentu lainnya. Sedangkan surat pribadi ialah surat yang dibuat atas nama pribadi seseorang yang berisi tentang pribadi pembuat/penulis yang ditujukan untuk teman, keluarga atau instansi tertentu, seperti surat untuk keluarga, surat lamaran kerja, surat permohonan izin bangunan.

Pengertian Surat Pribadi

Surat pribadi ialah surat yang isinya tentang keperluan pribadi yang ditulis secara pribadi ditujukan kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang tidak baku. Dalam membuat surat pribadi, tidak ada aturan tertentu yang mengikat. Surat ini bebas untuk ditulis sesuai dengan selera masing-masing. Meskipun demikian, etika maupun penggunaan bahasa yang sopan tentu harus tetap diperhatikan sesuai latar belakang dan kepada siapa surat itu hendak dilayangkan.

Cara Membuat Surat Pribadi yang Baik

Perihal cara membuat surat pribadi yang baik dan benar sebenarnya sangatlah sederhana, yaitu:

*Dalam menulis surat pribadi jangan menggunakan kop surat dan format surat yang digunakan tidaklah baku
* Pergunakan bahasa yang ringan dan sopan atau bahasa sehari-hari yang sering dipergunakan dalam pergaulan sekitar kita.

Surat pribadi berdasarkan isinya terbagi kedalam dua jenis:

1. Surat Keluarga

Surat keluarga merupakan surat yang dibuat oleh pribadi seseorang yang ditujukan kepada orang lain, baik itu keluarga, saudara maupun sahabat. Isi dari surat ini biasanya menyangkut hal-hal yang bersifat pribadi.

2. Surat Setengah Resmi

Surat setengah resmi merupakan surat yang dibuat oleh pribadi seseorang yang ditujkan kepada Instansi, Organisasi maupun Lembaga tertentu.

Adapun ciri-ciri dari surat pribadi ialah:
  • Tidak menggunakan Kop Surat
  • Tidak mencantumkan nomor surat, perihal dan lampian
  • Ditulis dengan format bebas
  • Menggunakan bahasa bebas.
Dari penjelasan di atas, tentu sudah ada sedikit gambaran bagaimana bentuk dari surat pribadi, namun untuk lebih jelasnya, berikut saya bagikan Contoh Surat Pribadi untuk Anda.

Contoh Surat Keluarga


Banda Aceh, 25 Januari 2015

Adil Umara di Bandung

Assalamualaikum wr.wb.
Apa kabarmu disana Kak? Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Alhamdulillah kabar kami sekeluarga disini baik dan sehat semua, cuma ada satu yang kurang. kehadiranmu disini sangat kami harapkan Kak. Keluarga disini kangen berat sama kakak. Terlebih si Irfan yang selalu nanyain kapan kakak pulang. Pesan dia kalau kakak pulang jangan lupa oleh-olehnya. hehe

Isan ada kabar baik ni Kak, dalam seleksi penerimaan cpns kemarin, isan lulus dalam tahap awalnya kak, doain ya semoga tahap berikutnya bisa lulus lagi dengan hasil yang memuaskan. Kalau isan lulus, Isan akan segera menyusul kakak disana. hehe

Oya, bapak sama Ibu nitip pesan, sholat lima waktu dan ngajinya jangan ditinggal, istirahat yang cukup, makan teratur dan jangan keluar malam kalo tidak terlalu penting. Ini saja dulu ya kak, dibales surat ini kak, kalo tidak isan ngambeuk. hoho. Jaga diri baik-baik ya kak. Kami sekeluarga bangga sama Kakak. :)

Adikmu ternakal


       Isan

Contoh Surat Pribadi Bahasa Sunda

Cianjur, 28 Mei 2015

Kahatur
Bi Ika
Di Bandung

Assalamualaikum Wr.Wb.

Bi Ika kumaha damang ? Alhamdulilah atuh upami damang mah. Abdi oge dina danget ieu mah teu kirang sawios-wios.

Peryogina abdi ngadamel ieu serat. rehna minggu payun abdi bade ka Bandung, abdi bade ka bumi ka bumi Bi Ika, Abdi teh hoyong dijajapkeun ameng keliling kota Bandung.

Sakieu hela seratti abdi, mugi-mugi tiasa tepang , minggu payun. Hatur nuhun.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Hormat abdi


Ikram Syahputra

Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris

Ika Maulina
Jln. Suka damai, 20
Jakarta

Hello my friend, how are you there? I hope you are good. I miss you because we have not met in a long time. Do you miss me too? If you are on vacation, I hope you can visit Lampung. I’m sure you will love it because it is a beautiful city. I will take you to many places like Kiluan bay and to the most beautiful places in Indonesia. I know that you love surfing and I have so many secret places for you to surf, so I recommend you to visit here a couple of weeks.

Hopefully we can meet soon, my best friend..

Your friend,

Maria

Contoh Surat Pribadi Kepada Teman

Jakarta, 28 Mei 2015

Sahabatku,
Andi Saputra
Di Kalianda

Assalamualaikum

Hai Andi, apa kabar? Bagaimana kabarmu Ndi ? Sehat dan bahagia
bukan? Sudah lama rasanya ya kita tidak bertemu. Sejak tiga tahun yang lalu tepatnya saat aku dan keluarga memutuskan pindah ke Jakarta aku tidak pernah lagi mendengar kabar tentangmu. Aku berharap kamu selalu dalam perlindungan Allah di manapun berada.

Akhir bulan ini keluargaku berencana pulang ke Banda Aceh untuk menjenguk nenek. Aku berharap pada hari itu aku bisa ikut rombongan menjenguk kampung halaman sekalian bersilaturahmi dengan kalian para sahabat kecilku yang sangat ku rindu.

Tapi apa dikata jika Allah menakdirkan hal lain. Hari itu ternyata aku ada ujian semester di kampus. Sehingga dengan berat hati napaknya perjumpaan kita harus diundur lain kali.

Andi, sekian dulu, ya! Sampaikan salam sekaligus permintaan maafku buat teman-teman yang lain. Semoga lain kali kita bisa bertemu.

Sahabatmu,


Ikhsan

Itulah beberapa Contoh Surat Pribadi yang bisa kami sajikan. Sedangkan untuk contoh surat setengah resmi, dapat Anda lihat contohnya pada postingan kami berikut ini:

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar
Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

Demikianlah postingan kami pada kesempatan ini tentang Contoh Surat Pribadi. Semoga sedikitnya bisa bermanfaat untuk Anda para pembaca. Jika Anda ingin melihat contoh-contoh surat lainnya, silahkan klik Menu Beranda di atas atau salah satu Menu yang hendak Anda lihat. Terimakasih.

4 Responses to "Contoh Surat Pribadi Untuk Keluarga, Sahabat, Teman dan Guru"

de Nature mengatakan...

pass banget lagi cari artikel yg cocok buat surat pribadi ,,,txs gan

Ikhsan mengatakan...

Iya sama-sama Mas, terima kasih juga telah berkunjung.

Unknown mengatakan...

Bisakah surat pribadi isinya dan tujuannya untuk bantuan dana pendidikan?

Ikhsan mengatakan...

Surat permohonan bantuan pendidikan biasanya punya format tersendiri Mas. Silahkan Mas cari di Blog saya ini. Sudah pernah saya bagikan juga untuk contoh surat permohonan bantuan dana pendidikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel